Dengan bilah yang berliku-liku, tikungannya disebut luks. Kebanyakan keris memiliki kurang dari 13 luk dan jumlah luk harus ganjil, atau keris akan dianggap sial. Bilah berliku-liku telah menjadi identik dengan keris, terutama saat ini karena telah menjadi suvenir wisata yang populer. Kenyataannya lebih dari separuh keris tua memiliki bilah lurus. Luk memaksimalkan lebar luka sambil mempertahankan beratnya. Keris dan sarungnya memiliki banyak bagian. Nama untuk bagian ini berbeda-beda di setiap wilayah. Istilah-istilah berikut ini terutama berlaku untuk keris Jawa: ukiran – gagang/pegangan; patra – ukiran gagang (khususnya pada ukiran Jawa); selut – tutup logam pada ukiran (tidak pada semua keris); mendak – cawan logam pada tang antara ukiran dan pelindung mata keris; wilah – bilah; pocok – mata keris; peksi – tang; ganja – struktur pelindung/tangkis; wrangka – bagian atas selubung yang lebar; gandar – bagian selubung yang sempit; pendok – selongsong logam untuk gandar; buntut– ujung pendok.
Para sarjana, kolektor, dan lain- Berbagai logam yang digunakan untuk menempa bilah membuat keris itu terlihat 'berair'. Ini disebut pamor dan konsepnya mirip dengan pola Damaskus pada bilah Indo-Persia dan "hada" pada bilah Jepang. Bilah diukir dengan asam setelah ditempa untuk menonjolkan pola kontras yang dibentuk oleh berbagai logam yang digunakan dalam keris. Perajin keris, disebut Empu (bagi perajin yang sangat ahli dalam menggunakan keraton, istana bertembok milik sultan, yang dapat mewariskan gelar Empu kepada putra-putranya) atau pandai keris (untuk pandai besi dengan berbagai tingkat keahlian, bekerja luar kraton), seringkali menggunakan segudang jenis bijih logam yang dapat mereka temukan untuk membuat mata keris.
Ada kisah tentang bilah yang terbuat dari besi meteorit (langka dan sangat berharga karena signifikansi spiritualnya dan kandungan nikelnya yang lebih tinggi) untuk membuang logam dari kendaraan, peralatan, rel kereta api, meriam dan bilah Belanda yang ditangkap, dan belakangan ini, rantai sepeda. lain telah membentuk segudang teori tentang asal usul keris. Sejarah keris ditelusuri melalui studi ukiran dan panel relief yang ditemukan di Asia Tenggara. Salah satu rendering keris yang lebih terkenal muncul di Candi Borobudur dan Candi Prambanan. dipakai setiap hari dan pada upacara-upacara khusus, dengan bilah-bilah pusaka yang diturunkan dari generasi ke generasi.
Pembersihan tahunan, yang diperlukan sebagai bagian dari spiritualitas dan mitologi di sekitar budaya, sering kali membuat bilah kuno menjadi usang dan tipis. Dalam kehidupan sehari-hari dan di acara-acara, seorang pria biasanya hanya mengenakan satu keris. Wanita terkadang juga memakai keris, meski ukurannya lebih kecil dari pria. Secara fungsional, keris bukanlah budaya tebas seperti keris bowie atau keris tarung lainnya, melainkan alat tikam. Jika seorang pejuang keris memiliki siluman di sisinya, keris itu mematikan. Ada banyak cerita tentang keris yang dibuat khusus untuk membunuh orang tertentu.