Organ yang diincar adalah perut, paru-paru, ginjal dan tenggorokan lawan. Sarungnya biasanya berbentuk perahu karena orang Melayu yang menjadi pelaut sangat menyukai perahu mereka. Motif diukir pada sarungnya untuk memberikan tampilan yang estetis. Kawat emas atau perak juga digunakan dalam proses dekoratif. Detail di bagian bawah bilahnya yang membedakan keris dengan keris biasa. Beberapa penjaga telah dirancang untuk menangkap pedang lawan agar tidak mencapai tangan dan untuk mencegah tergelincir. Belalai gajah dan batu mulia yang disusun dalam pola 8 kelopak bunga teratai di pangkal gagang menandakan hubungan orang Melayu dengan masa lalu Hindu/Budha mereka. Gagangnya biasanya diukir dalam bentuk burung mitos, binatang atau tumbuhan.
Pemilik dan penjual keris wajib memandikan dan mengolesi keris selama untuk mempertahankan kesaktian budaya tersebut. Jika keris diabaikan, dapat menyebabkan roh penjaga menjauh dari budaya, membuatnya tidak berdaya. Biasanya jeruk nipis dipotong menjadi dua dan setengahnya digosok pada setiap sisi mata keris untuk menghilangkan karat, minyak dan kotoran kemudian dibilas dengan air mengalir. Bilah tersebut kemudian dikeringkan di atas api arang yang rendah dan minyak wangi (atthar) dioleskan pada bilah, gagang dan sarungnya. Keris terkenal lainnya di Ceylon kolonial adalah "Henaraja thalaya" (Keris dari petir) yang digunakan oleh bandit legendaris Utuwankande Saradiel pada abad ke-18. Ini adalah keris Jawa dan diyakini bahwa siapa pun yang memiliki thalaya Henaraja di tubuhnya adalah "bukti peluru".
Saat Saradiel ditembak mati oleh Sersan Polisi Mahath, keris itu tidak berada di tubuhnya melainkan di bawah bantal. Kata Sinhala "kirichchiya dan kinissa" mungkin berasal dari kata Melayu keris. Keris Melayu yang paling terkenal adalah “Keris Taming sari” milik pendekar legendaris Malaka, Hang Tuah. Orang yang memilikinya, dikatakan tak terkalahkan. Ini setara dengan pedang Raja Arthur di Malaysia, "Excalibur" yang legendaris. Dipercaya bahwa Hang Tuah melemparkan "Keris Taming sari" ke sungai Sungai Duyung setelah dia membunuh teman masa kecilnya Hang Jebat dalam duel, karena ketidaksetiaannya kepada Sultan Malaka.
Beberapa Keris dan lapak keris terjangkau yang sangat bagus dan dipamerkan dipajang di galeri Kandy Museum Nasional di Kolombo 7 serta di lantai atas. Wanita terkadang juga memakai keris, meski ukurannya lebih kecil dari pria. Secara fungsional, keris bukanlah budaya tebas seperti keris bowie atau keris tarung lainnya, melainkan alat tikam. Jika seorang pejuang keris memiliki siluman di sisinya, keris itu mematikan. Ada banyak cerita tentang keris yang dibuat khusus untuk membunuh orang tertentu. Dapat dipastikan bahwa penjual keris diperkenalkan ke Sri Lanka oleh bangsawan Indonesia dan orang buangan politik, pengiringnya, tentara Melayu, tentara bayaran Jawa dan berbagai rekrutan lainnya, yang dibawa ke Sri Lanka pada masa Belanda dan Inggris.
Itu juga merupakan hadiah populer yang diberikan kepada raja dan adigar Kandyan oleh duta besar Inggris yang mengunjungi kerajaan Kandyan. Baru-baru ini Departemen Museum juga menemukan keris Melayu yang berasal dari zaman Portugis. Hal ini dimungkinkan dengan interaksi orang Melayu dari Malaka ke Ceylon, yang keduanya berada di bawah kekuasaan Portugis pada abad ke-16.